11 Januari 2024

Rut -- Perempuan Moab yg menjadi teladan iman dan kesetiaan --

Matius 1:5 (TB)  Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai.

Silsilah Kristus yg dicatat oleh Rasul Matius sekilas biasa saja. Namun ada 2 bagian yg paling menarik jika diperhatikan dan salah satunya adalah Ayat di atas. Rut, leluhur Daud dan Yesus adalah salah satu dari 3 perempuan (Rahab, Rut dan Isteri Uria) diluar keturunan Abraham yg dicatat disana.

Rut berulang-ulang diidentifikasikan sebagai "perempuan Moab".

Perhatikan bagaimana kisah itu diceritakan. Boas menghadap saudaranya untuk menanyakan apakah saudaranya itu berniat membeli tanah Naomi, dan orang itu menjawab, "Aku akan menebusnya". Kemudian Boas memberi tahu, "Pada waktu engkau membeli tanah itu dari Naomi, engkau memperoleh Rut juga, perempuan Moab itu". Orang itu segera menolak tawaran itu, "Jika demikian, aku ini tidak dapat menebusnya". Sebaliknya, Boas membeli tanah itu dan menyatakan, "Juga Rut, perempuan Moab itu, isteri Mahlon, aku peroleh menjadi isteriku". (Rut 4:4-6, 10).

Tidak ada yg istimewa karena kehidupan pada masa itu, ketika membeli sebidang tanah dengan "bonus" Janda adalah sesuatu yg lazim.

Bagaimana dengan kita...?

Mungkin pada generasi kekinian menganggap itu hal biasa namun tidak jika mereka yg hidup di generasi kira-kira 10 tahun sebelumnya.

Disinilah jawabannya.

Kitab Suci adalah sumber yg baik untuk menentukan apa yg difikirkan dan dirasakan oleh para penulisnya dan audiensi mereka tentang orang-orang dari daerah sekitar mereka.

Merupakan fakta Kitab Suci bahwa orang Moab dan juga orang Amon adalah anak-anak / keturunan yg leluhurnya melakukan incest antara Lot dengan anak-anak perempuannya (Kej 19:36-38) dapat membantu kita memahami mengapa etnis Rut dipermasalahkan dalam kisah itu. Disamping itu, orang-orang Moab menyewa Bileam untuk mengucapkan kutuk bagi bangsa Israel (Bil 22) dan perempuan-perempuan Moab menggoda laki-laki Israel dalam Bilangan 25 serta mendorong mereka untuk mempersembahkan korban kepada berhala. Karena alasan itulah, Tuhan menyatakan :

Ulangan 23:3 (TB)  Seorang Amon atau seorang Moab janganlah masuk jemaah TUHAN, bahkan keturunannya yang kesepuluh pun tidak boleh masuk jemaah TUHAN sampai selama-lamanya.

Dengan mengetahui hal itu, sangat luar biasa bahwa Rut, seorang perempuan Moab disanjung sebagai teladan iman dan kesetiaan, yg mana melalui rahimnya, lahir leluhur Daud yg selanjutnya menjadi bagian dari daftar Silsilah Kristus.

Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar