Minggu, 19 Januari 2014

Siapakah Yang Mendirikan Kristen – Yesus atau Paulus...?

Muslim sering menuduh bahwa Kristen tidak berasal dari Yesus, tapi Paulus. Jadi mereka menuduh bahwa umat Kristen bukanlah pengikut Yesus, tetapi pengikut Paulus. Mereka memberikan tuduhan tersebut dengan dasar bahwa menurut Muslim, Yesus tidak pernah berkata bahwa diri-Nya seorang Kristen.
Benarkah tuduhan Muslim tersebut...?
Artikel ini akan menjawabnya secara singkat pertanyaan: “Siapakah yang mendirikan Kristen...?”

Istilah “Kristen” pertama laki muncul dalam Alkitab di dalam kitab Kisah Para Rasul 11:26:
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen. (Kisah Para Rasul 11:26)
kai eurōn auton ēgagen auton eis antiocheian egeneto de autous eniauton olon sunachthēnai en tē ekklēsia kai didaxai ochlon ikanon chrēmatisai te prōton en antiocheia tous mathētas christianous (T. Receptus)
Kata “Kristen” berasal dari kata Yunani “Christianous” yang berarti “Pengikut Kristus“. Sedangkan yang dimaksud Kristus sendiri adalah Yesus, yang mana kata “Kristus” dalam bahasa Yunani adalah “Christous“. Jadi, “Kristen” juga berarti “Pengikut Kristus/Yesus“.
Dari pengertian tersebut, jelas bahwa Yesus tidak dapat disebut sebagai Kristen, sebab Dia sendirilah Kristus, yaitu yang diikuti oleh para pengikut Kristus.
Kristen adalah suatu istilah yang pertama kali digunakan di Antiokhia untuk menyebut para pengikut Yesus. Sebelumnya, mereka disebut sebagai pengikut Jalan Tuhan
Dan aku telah menganiaya pengikut-pengikut Jalan Tuhan sampai mereka mati; laki-laki dan perempuan kutangkap dan kuserahkan ke dalam penjara. (Kisah Para Rasul 22:4)
Yang mana Jalan Tuhan yang dimaksud adalah Yesus Kristus (Yohanes 14:6). Selain itu, mereka sebelum disebut sebagai Kristen, juga disebut sebagai Nazarean atau Galilean, yang berasal dari kata “Nazareth” dan “Galilea” yang merupakan kampung halaman Yesus Kristus
And the disciples were first called Christians at Antioch – Here it was that they first received this standing appellation. They were before termed Nazarenes and Galileans. (Wesley Notes on Acts 22:4)
Jadi, kata “Kristen“, “Pengikut Jalan Tuhan“, “Nazarean” ataupun “Galilean” memiliki arti yang sama maksudnya, yaitu “Pengikut Kristus Yesus, sang Jalan Tuhan dari Nazareth, Galilea“.
Dan juga dari pengertian tersebut dapat dilihat pula bahwa bukan Paulus yang pertama kali mendirikan Kristen, sebab bukanlah Paulus yang pertama laki menjadi Pengikut Kristus, tetapi kedua belas murid Yesus lah yang pertama kali menjadi Pengikut Kristus.
Dan Paulus sendiri mengatakan bahwa bukan dirinyalah yang seruan kali menjadi Kristen: ROMA 16:7.
Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku. (Roma 16:7)
Tetapi di sini saya tidak akan mengatakan bahwa ke-12 murid Yesuslah yang mendirikan Kristen, sebab Yesus Kristus sendirilah yang sebenarnya mendirikan Kristen. Dia yang memanggil ke-12 murid-Nya untuk menjadi pengikut-Nya, pengikut Kristus, sang Jalan Tuhan dari Nazareth, Galilea.


Source :
Apologetika Kristen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar