10 April 2023

Yesus Telah Bangkit -- Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.

Tidak ada yang kebetulan jika Allah sudah berkehendak. Sebuah penafsiran minor mengatakan bahwa selama peristiwa minggu sengsara Yesus hingga Kebangkitan-Nya, terjadi 3 Sabat dalam minggu itu dimana Paskah (14 Nisan) dan Hari Raya Roti Tidak Beragi (15 Nisan) yang disebut sebagai Sabat Yang Besar (Yoh 19:31) terjadi dalam 1 pekan yang sama dengan Sabat Mingguan, bukan di hari yang sama.

Kitab Suci juga mencatat Yesus meninggal sebelum Hari Sabat Yang Besar (Yoh 19:31) dan Kubur-Nya ditemukan kosong setelah Sabat Mingguan berakhir yakni hari pertama dalam Minggu itu (Mark 16:1-8, Yoh 20:1-2) sehingga sebuah kesimpulan sederhana yang bisa ditarik adalah, kemungkinan Yesus bangkit pada periode Sabat Mingguan atw beberapa saat sebelum kubur-Nya ditemukan kosong untuk memenuhi nubuatan 3 hari 3 malam (bukan satuan waktu 1x24 jam jika menggunakan perhitungan waktu modern melainkan menggunakan pergantian hari sesuai kalender agama Yahudi yang dimulai saat matahari terbenam).

Mengapa ada 3 Sabat dalam periode minggu sengsara Yesus hingga Kebangkitan-Nya...?

Frasa "sabbatôn" yang digunakan oleh penulis Injil dalam Matius 28:16, Mark 16:1-2, Luke 24:1 dan Yoh 20:1 bermakna jamak, artinya ada lebih dari 1 (satu) Sabat yang terjadi pada saat itu. Untuk itulah Alkitab bahasa Inggris (Young's Literal Translation 1898) menuliskan:

  1. "And on the eve of the sabbaths [jamak], at the dawn, toward the first of the sabbaths [jamak], came Mary the Magdalene, and the other Mary, to see the sepulchure." (Mat 28:1-2).
    TR: οψε δε σαββατων τη επιφωσκουση εις μιαν σαββατων ηλθεν μαρια η μαγδαληνη και η αλλη μαρια θεωρησαι τον ταφον
    Translit: opse de sabbatôn [jamak] tê epiphôskousê heis mian sabbatôn [jamak] êlthen maria hê magdalênê kai hê allê maria theôrêsai ton taphon
    (Mat 28:1-2 - Stephanos, Textus Receptus -1550)

  2. "And the sabbath [tunggal] having past, Mary the Magdalene, and Mary of James, and Salome, bought spices, that having come, they may anoint him, and early in the morning of the first of the sabbaths [jamak], they come unto the sepulchure, at the rising of the sun." (Mark 16:1-2).
    TR: τη δε μια των σαββατων ορθρου βαθεος ηλθον επι το μνημα φερουσαι α ητοιμασαν αρωματα και τινες συν αυταις
    Translit: tê de mia tôn sabbatôn [jamak] orthrou batheos êlthon epi to mnêma pherousai ha êtoimasan arômata kai tines sun autais (Mark 16:1-2 - Stephanos, Textus Receptus -1550)

  3. "And on the first of the sabbaths [jamak], at early dawn, they came to the tomb, bearing the spices they made ready, and certain others with them." (Luke 24:1)
    TR: τη δε μια των σαββατων ορθρου βαθεος ηλθον επι το μνημα φερουσαι α ητοιμασαν αρωματα και τινες συν αυταις
    Translit: tê de mia tôn sabbatôn orthrou batheos êlthon epi to mnêma pherousai ha êtoimasan arômata kai tines sun autais (Luke 24:1 -
    Stephanos, Textus Receptus -1550)

  4. "And on the first of the sabbaths [jamak], Mary the Magdalene doth come early (there being yet darkness) to the tomb, and she seeth the stone having been taken away out of the tomb." (Yoh 20:1).
    TR: τη δε μια των σαββατων μαρια η μαγδαληνη ερχεται πρωι σκοτιας ετι ουσης εις το μνημειον και βλεπει τον λιθον ηρμενον εκ του μνημειου
    Translit: tê de mia tôn sabbatôn maria hê magdalênê erchetai prôi skotias eti ousês eis to mnêmeion kai blepei ton lithon êrmenon ek tou mnêmeiou (Yoh 20:1 - Stephanos, Textus Receptus -1550).

Seseorang pernah mengatakan, "Karena Kelahiran-Nya berasal dari seorang perawan, maka bukanlah sesuatu yang kebetulan kalau Kubur-Nya adalah lokasi penguburan yang belum pernah digunakan orang lain."

Demikian juga Sabat diberikan Allah bagi bangsa Israel sebagai hari peristirahatan supaya mereka dapat beribadah kepada Allah, Yesus memberikan makna baru dari Sabat itu supaya setiap umat-Nya tidak lupa memberikan pertolongan bagi sesamanya yang membutuhkan supaya terwujudlah bukti kasih diantara sesama manusia sebagai wujud mengasihi Allah.

Lukas dan Paulus mencatat dalam periode selanjutnya, umat Kristiani beribadah setiap hari pertama dalam Minggu itu (Kisah Rasul 20:7; 1 Kor 16:2) yang dalam penanggalan modern jatuh pada hari Minggu.

Bapa-bapa Gereja sesudah rasul Yohanes meninggal (akhir abad pertama) juga menguatkan bahwa Persekutuan Jemaat di hari Minggu sudah dipraktekkan secara luas.

  1. Ignatius (115M) mengatakan “Jangan kita memelihara lagi hari Sabat, melainkan merayakan Hari Yesus Kristus, pada hari mana hidup kita bangkit dari kematian oleh Dia.”
  2. Yustinus Martir (165M) mengatakan bahwa: “Pada hari pertama itu dengan mengubah gelap menjadi terang Tuhan menjadikan dunia, dan karena Yesus Kristus, Juruselamat kita, pada hari itupun, yaitu hari pertama dalam pekan, bangkit dari mati dan menampakkan diri kepada murid-murid-Nya.”
  3. Tertulianus (200M) mengatakan: “Hari Tuhan, yaitu hari kebangkitan-Nya, kita bukan hanya meninggalkan kebiasaan berlutut, tetapi juga menanggalkan segala kesusahan dan segala yang manindas kita serta bangkit bekerja.” 
  4. Clemens dari Alexandria (220M) juga mengatakan bahwa: “Hari pertama dari tiap-tiap pekan telah menjadi hari perhentian, karena kebangkitan (Tuhan Yesus) dari kematian.”

Hal ini jugalah yang mendasari tradisi Ibadah Raya umat Kristiani sejak abad pertama dilakukan pada hari Minggu, yakni untuk mengenang Kebangkitan Yesus dari kematian.

Jika Sabat selama ini bermakna Hari Perhentian supaya umat Israel dapat beribadah kepada Tuhan, maka Hari Minggu bermakna Kebangkitan Yesus dan Kemenangan-Nya atas maut.

 

Tuhan memberkati

 

Referensi Silang

  1. Penyaliban, Kematian dan Kebangkitan Yesus Kristus Menurut ke 4 Injil
    https://archangeldemaskus.blogspot.com/2011/05/penyaliban-kematian-dan-kebangkitan.html
  2. Bukti-Bukti Penyaliban, Kematian dan Kebangkitan Yesus Kristus Menurut Sumber Dari Luar Alkitab
    https://archangeldemaskus.blogspot.com/2011/05/penyaliban-yesus-kristus-menurut-sumber.html
  3. Fisiologi Tentang Darah Kristus Dan Penebusan Didalam Darah-Nya
    https://archangeldemaskus.blogspot.com/2011/05/blood.html
  4. Antara Bukit Moria & Bukit Golgota (Calvary) -- Tempat Dimana Anak Domba Dipersembahkan Kepada Allah –
    https://archangeldemaskus.blogspot.com/2021/10/antara-bukit-moria-bukit-golgota.html
  5. Memahami Frasa Yesus Adalah 'Buah Rahim' Maria Dalam Lukas 1:42
    ttps://archangeldemaskus.blogspot.com/2021/10/memahami-frasa-yesus-adalah-buah-rahim.html
  6. Fisiologi Tubuh Dan Darah Kristus -- Tubuh Kristus Yang Disediakan Allah (Ibrani 10:5) Tidak Berasal Dari Maria –
    https://archangeldemaskus.blogspot.com/2021/10/kristologi-tentang-fisiologi-tubuh-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar