Selasa, 11 September 2012

Bagaimana Nasib Seseorang Sebelum Yesus Ada Di Dunia Atau Bangsa Lain Yang Tidak Mempunyai Hukum Taurat…?


Bagaimana nasib seseorang sebelum Yesus ada di dunia atau bangsa lain yang tidak mempunyai Hukum Taurat…?

By Tono Karim

Jawab:

Masa Sebelum Kedatangan Yesus

Sebab sebelum hukum Taurat ada, telah ada dosa di dunia. Tetapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada hukum Taurat.
Roma 5:13

>>>>

Artinya adalah :
Perlanggaran/dosa tidak diperhitungkan jika Qt tidak mengerti kalau itu adalah perbuatan dosa.

Contoh :
Sebelum ada UU Lalu lintas Kendaraan Bermotor, Qt boleh naik motor tanpa helm (walaupun sebenarnya itu adalah untuk keselamatan kita sendiri), tapi setelah ada UU Lalu lintas Kendaraan Bermotor, bahwa naik motor harus pake helm atau ditilang, maka otomatis, jika Qt bawa motor tidak memakai helm, pasti ditilang.

Terus ada pertanyaan : 

Lho…Qt bisa kan alasan sama polisinya, "kita g’ tau pak, dulu kok boleh naik motor g’ pakai helm, sekarang kok g’ boleh?", maka polisi akan bilang "lho, tahu g’ tahu, anda tahu g’ kalau ada UU tertulisnya…?"

Ok, balik lagi, Israel tentunya punya Hukum Taurat, dan mereka dihakimi berdasarkan Hukum Taurat, terus pertanyaan berikutnya.
"Bagaimana dong dengan bangsa lain yang tidak punya Hukum Taurat…?”

>>>>>

Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.
Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.
Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.
Roma 2:14-16

Anda setuju g’ kalau sebenarnya didalam hati Qt ada "suara hati" yang mengingatkan apabila Qt berbuat salah…?
Jawabannya adalah untuk bangsa yang tidak mempunyai Hukum Taurat, maka mereka dihakimi oleh suara hati dan Hukum Taurat yang "tertulis" di dalam hati mereka dan itulah yang menjadi Hukum Taurat bagi bangsa diluar bangsa Israel.


Masa Sesudah Kedatangan Yesus

Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.
Tetapi sekarang, tanpa hukum Taurat kebenaran Allah telah dinyatakan, seperti yang disaksikan dalam Kitab Taurat dan Kitab-kitab para nabi, yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.
Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.
Roma 3:20-26

>>>>>

Oleh Hukum Taurat Qt MENGENAL dosa (ingat, jangan dimengerti dengan karena Hukum Taurat Qt jadi berdosa)
Karena memang dari awalnya, manusia telah berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3:23, Roma 5:13).

Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
Roma 3:23

Sebab sebelum hukum Taurat ada, telah ada dosa di dunia. Tetapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada hukum Taurat.
Roma 5:13

Apa bukti kita telah kehilangan kemuliaan Allah…?
Manusia pertama Adam dan Hawa, pada waktu penciptaan, mereka SANGAT DEKAT bergaul dengan Allah, bercakap2 seperti dua orang sahabat (Allah dan Adam), tetapi sewaktu mereka melanggar perintah Tuhan, maka mereka DIUSIR dari Taman Eden.
Bagaimana untuk memulihkan hubungan yang terputus antara Allah dan manusia…?
Harus ada penebusan dan pendamaian, yaitu pendamaian dan penebusan dalam Kristus Yesus (Roma 3:24-25)

dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.
Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.
Roma 3:24-25


TUHAN Yesus memberkati

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar