Senin, 03 September 2012

Daud dan Goliath

Kisah Daud 'n Goliat merupakan salah satu cerita Alkitab yg paling terkenal. Pada masa itu, orang2 Yahudi berada dibawah dominasi orang2 Filistin yg brutal. Akhirnya, TUHAN membangkitkan seorang pahlawan untuk melawan orang2 Filistin 'n mengalahkan pendekar mereka yg perkasa, Goliat.
Pasukan Israel berhadap-hadapan dgn pasukan Filistin, raja Saul tidak menemukan seorang Israel pun yg cukup berani u/ melakukan duel satu lawan satu dgn pahlawan raksasa Filistin itu u/ menentukan pihak mana yg mendominasi tanah itu. Ada beberapa perincian atw kesesuaian dlm kisah Alkitab ini yg memberikan bukti yg sangat kuat bahwa kisah ini adalah kisah sejatim
Perhatikanlah bahwa Alkitab menyebutkan bahwa Goliat berasal dr desa Gat.
"Lalu tampillah keluar seorang pendekar dari tentara orang Filistin. Namanya Goliat, dari Gat. Tingginya enam hasta sejengkal" (1 Samuel 17:4y.
Data ini penting, karena Gat adalah salah satu dari desa-desa tempat kediaman orang Anakim/Enak yg adalah keturunan raksasa.
Ketika 12 pengintai memasuki Kanaan, mereka diliputi ketakutan terhadap keturunan raksasa yg hidup di tanah itu.
"Juga mereka menyampaikan kabar busuk tentang negeri yg diintai mereka, dengan berkata :'Negeri yang telah kami lalui untuk diintai adalah suatu negeri yang memakan penduduknya, dan semua orang yang kami lihat disana adalah orang-orang yang tinggi perawakannya" (Bilangan 13:22)

Bagian lain dr kitab Yosua memberitahukan kepada Qt bahwa Gat merupakan tempat kediaman orang2 Anakim/Enak yg berasal dari keturunan raksasa.

Pada waktu itu Yosua datang dan melenyapkan orang Enak dari pegunungan, dari Hebron, Debir dan Anab, dari seluruh pegunungan Yehuda dan dari seluruh pegunungan Israel. Mereka dan kota-kota mereka ditumpas oleh Yosua.
Tidak ada lagi orang Enak ditinggalkan hidup di negeri orang Israel; hanya di Gaza, di Gat dan di Asdod masih ada yang tertinggal.
(Yosua 11 : 21-22)

Hanya ada 3 kota di Israel yg didiami oleh sisa-sisa keturunan raksasa yg masih hidup. Kesesuaian yg menunjukan bahwa 400 tahun setelah Kanaan ditaklukan, Goliat tinggal di Gat (yg merupakan salah satu dr k3 desa yg ditempati oleh orang2 keturunan raksasa tersebut), merupakan suatu peneguhan menakjubkan yg membuktikan kebenaran kejujuran catatan Alkitab mengenai Daud 'n Goliat. Dalam kesesuaian ini, Qt mendapatu bahwa 3 kitab yg berbeda dr Alkitab (yakni Bilangan, Yosua 'n Samuel) meneguhkan ketepatan dr salah satu unsur di dalam kisah Alkitabiahnya yg terkenal ini.

Satu keistimewaan lain dr kisah Daud 'n Goliat senantiasa menarik adalah mengapa Daud mengambil 5 batu licin sebagai umbannya jika ia sudah tahu bahwa ALLAH akan mengarahkan umbannya sehingga ia pasti dapat membunuh raksasa Filistin itu dengan menggunakan satu batu saja...?
Apakah Daud tidak mempunyai cukup iman dalam kuasa supernatural ALLAH yg mampu membinasakan musuh besar bangsa Israel itu..?
Jawaban ini ditemukan dalam kitab nabi 2 Samuel 21 dimana Goliat bukan satu-satunya raksasa dlm keluarganya. Ayah Goliat adalah seorang raksasa yg mempunyai 5 putera yg semuanya berjuang membela bangsa Filistin.
Keempat saudara Goliat jg merupakan raksasa2 yg pd akhirnya mati dlm duel dengan pahlawan2 Daud yg gagah perkasa.
Untuk menyimpulkan kisah kematian mereka dlm pertempuran dengan pahlawan2 Daud, nabi Samuel menulis : Keempat orang ini termasuk keturunan raksasa di Gat; mereka tewas oleh tangan Daud dan oleh tangan orang-orangnya. (1 Samuel 21:22).
Ketika Daud mengambil 5 batu yg licin bagi umbannya, ia bersikap bijak, yakni bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan saudara laki2 Goliat bisa ikut serta dlm pertempuran tersebut setelah Goliat dibunuhnya. Sehingga bisa jadi ia membutuhkan keempat batu lainnya untuk mengalahkan keempat raksasa tersebut.



Source :
Tanda Tangan ALLAH
Oleh :
Grant R Jeffrey



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar